Pengertian Dan Fungsi BIOS Di Komputer

bios,

whywiccanssuckPengertian Dan Fungsi BIOS Di Komputer – BIOS adalah sebuah software yang disematkan dalam komputer yang memiliki kegunaan dan peran yang cukup besar untuk menjalankan sistem di komputer. Komputer tidak bisa berjalan dengan optimal jika tidak terdapat BIOS. Tapi sayangnya banyak orang yang belum tahu tentang istilah BIOS dan juga banyak orang yang tidak mengerti apa itu fungsi BIOS. Hal ini dikarenakan BIOS jarang digunakan secara manual, dan digunakan di saat komputer bermasalah atau harus install ulang untuk sistem operasi.

Ingin tahu lebih jelas lagi simak ulasan Pengertian Dan Fungsi BIOS Di Komputer berikut ini.

Pengertian BIOS di Komputer

BIOS adalah sebuah kependekan dari Baic Input Output System. BIOS yaitu sistem yang berfungsi untuk mengatur input dan output data yang ada di komputer. Atau bisa diartikan BIOS merupakan sistem atau program yang digunakan untuk mengatur fungsi dari hardware atau perangkat keras yang ada di komputer seperti mouse, hard disk, keyboard, dan sebagainya. BIOS juga digunakan oleh mikroprosesor di komputer untuk memulai sistem saat komputer diaktifkan. BIOS program yang bisa diakses mikroprosesor di chip EPROM yang bisa diprogram ketika komputer dinyalakan.

BIOS menjadi software yang programnya disimpan di chip khusus seperti memory flash atau ROM yang dibuat dari bahan Complementary Metal-Oxide Semiconductor atau disebut dengan CMOS. Dimana baterai yang ada di motherboard disebut sebagai baterai CMOS yang berguna untuk menjaga tanggal dan pengaturan lain yang diatur pengguna agar tidak hilang ketika komputer sudah dimatikan. Tugas penting yang dimiliki BIOS salah satunya untuk memuat sistem operasi dengan aktivitas booting.

Baca juga: cara-gunakan-aplikasi-avatarify-for-android

Fungsi BIOS di Komputer

BIOS memiliki tugas atau fungsi untuk mengatur tahap awal proses pemulaian (start-up) sebuah komputer dan menjadi perangkat yang memastikan sistem operasi yang ada di komputer sudah dimuat pada memori penyimpanannya dengan benar. Selain itu, fungsi BIOS di komputer sebagai berikut

1. Menjalankan Perintah Power On Self Test ( POST )

Sebelum sistem operasi di sebuah komputer di install, maka kamu sebagai seorang pengguna komputer harus mengecek bagian dari perangkat komputer dan spesifikasi yang dimiliki komputer dengan BIOS. Hal ini dilakukan agar tingkat compatibelitas sistem operasi yang akan dipasang dengan spesifikasi yang dimiliki perangkat komputer bisa dipastikan dengan baik.

2. Mengatur Konfigurasi Dasar yang Ada di Komputer

Fungsi BIOS lainnya menjadi bagian yang berfungsi dalam mengatur dan mengkonfigurasi perangkat pada komputer. Konfigurasi perangkat komputer yang dilakukan BIOS ini dengan memberi informasi dasar yang dibutuhkan agar bisa beroperasi. Proses ini bisa diatur sesuai dengan pengguna komputer.

3. Memberi Informasi Dasar yang Ada di Komputer

BIOS juga berfungsi untuk memberi informasi dasar mengenai proses interaksi yang berjalan dalam setiap bagian perangkat komputer. Sehingga tidak salah dalam mengoperasikan sistem komputer agar bisa dijalankan.

Baca juga: cara-menghapus-aplikasi-di-ponsel-iphone

Nah, itulah ulasan mengenai Pengertian Dan Fungsi BIOS Di Komputer, semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *