Penjelasan Penyebab Laptop Lemot Yang Perlu Dicegah

laptop

Sekarang ini laptop dan komputer menjadi salah satu perangkat elektronik yang begitu penting dalam menunjang kebutuhan pekerjaan harian. Karena itu tidak mengherankan jika penggunaan komputer atau laptop menjadi kian intens.

Namun ada kalanya penggunaan laptop atau komputer yang berlebihan bisa berdampak pada perangkat yang memiliki kinerja lambat dan menjadi lemot.

Kondisi yang seperti ini tentunya menjadi hal yang buruk dan bisa menghambat kinerja dan produktivitas yang di miliki. Berikut ini simak ulasan Penjelasan Penyebab Laptop Lemot Yang Perlu Dicegah berikut.

Penjelasan Penyebab Laptop Lemot Yang Perlu Dicegah

1. Startup Program Berjalan Yang Terlalu Banyak

Salah satu akibat mengapa laptop kinerjanya yang cukup lemot karena ada banyaknya startup program yang berjalan dibalik layar.

Ketika memasang atau menginstal aplikasi di laptop, maka biasanya pengguna akan berupaya untuk masuk ke menu Startup (untuk OS Windows) atau Login Items (untuk pengguna Mac).

Startup program yang terlalu banyak bisa mengakibatkan kinerja laptop menjadi lambat karena penggunaan RAM menjadi sangat besar untuk semua aplikasi Startup.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mematikan Startup aplikasi yang tidak dipakai. Salah satu program yang harus di berikan akses untuk Startup program seperti antivirus karena menjadi sarana perlindungan di komputer.

Baca juga: cara-download-alight-motion-pro-3-1-4-apk4all-tanpa-watermark

2. Kondisi HDD Yang Sudah Terlalu Renta

Penyebab laptop lemot yang selanjutnya bisa bersumber dari hardware atau perangkat keras yang digunakan di laptop sepeti HDD atau Hard Drive.

HDD yaitu sebuah komponen untuk penyimpanan data dalam laptop.

Untuk melakukan pembacaan data, maka HDD memiliki komponen bergerak yang memiliki batas waktu dalam pemakaian tertentu.

Saat komponen HDD sudah terlalu tua, maka tidak menutup kemungkinan menyebabkan kinerja laptop menjadi lemot karena kemampaun membaca data menjadi berkurang.

Untuk mengatasi hal ini, maka bisa melakukan upgrade menjadi SSD yang lebih tahan lama.

3. Ruang Penyimpanan Yang Sudah Penuh

Jika kapasitas penyimpanan laptop Anda sudah terlalu penuh, hal ini juga bisa menyebabkan laptop Anda mengalami penurunan kinerja dan menjadi lemot.

Untuk mengatasi hal ini, maka ada baiknya kalau mengosongkan ruang penyimpanan data dengan menghapus data yang sudah tidak diperlukan atau memindahkan data tersebut ke hard disk eksternal.

4. Terlalu Banyak Menjalankan Program

Dimana program yang berjalan di laptop atau komputer akan membutuhkan konsumsi RAM. Jika terlalu banyak menjalankan program aplikasi pada komputer maka konsumsi RAM akan menjadi maksimal dan hal ini bisa menjadi penyebab laptop menjadi lemot.

Untuk mengatasi hal ini sebaiknya hanya membuka aplikasi yang penting saja dan yang sedang dibutuhkan.

Baca juga: fitur-keren-mobil-listrik-tesla-dan-bisa-nyetir-sendiri

Nah, demikian ulasan mengenai Penjelasan Penyebab Laptop Lemot Yang Perlu Dicegah, semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *